Press "Enter" to skip to content

Rekreasi Keluarga Selain Mall di Jakarta Barat

Wisata rekreasi di Jakarta Barat sangat banyak, khususnya wisata sejarah dan museum. Liburan sungguh identik secara buang-buang uang saja, tapi tidak ada salahnya pun jika kalian mengajak family dan putra-putri tuk menambah pengetahuan dengan berkunjung ke museum bersejarah. Untuk sebagian orang sungguh berlibur ke museum amat membosankan sebab tak ada aktivitas menarik yang dapat dilakukan disamping mengamati barang-barang bersejarah.

Jangan keliru, di Jakarta Barat kalian bisa berkunjung ke beberapa museum yang unik dan dapat menggoda rasa hasrat sejarah sebagai salh satu warga bangsa Indonesia. Berikut ada sejumlah wisata rekreasi Jakarta Barat yang terdiri dari museum histori yang dapat dikunjungi:

Museum Wayang

Di sekeliling Kota Tua Jakarta, kalian dapat menjumpai Museum Wayang yang berada di Jl. Pintu Besar Utara No 27. Di museum itu kalian dapat menemui koleksi wayang hingga 5.146 buah yang datang dari beraneka daerah dari bangsa Indonesia. Tadinya museum itu mempunyai arsitektur neo renaisance namun kemudian direnovasi lagi tahun 1938 supaya serasi dengan gaya arsitek khas bangunan Belanda.

Museum Arsip Nasional

Pada mulanya, gedung yang dipergunakan menjadi Museum Arsip Nasional ialah bekas kawasan hidup gubernur dari jenderal Belanda, Reiner de Klerk yang didirikan abad ke-18. Lalu, di tahun 1925 gedung itu dipergunakan menjadi gedung arsip pemerintahan Belanda ataupun pemerintahan RI. Sekarang ini, Museum Arsip Nasional dimanage oleh yayasan. Museum ini dilingkupi oleh taman bunga yang diproyeksikan warga sekitar menjadi sarana umum.

Museum of Bank Mandiri

Museum of Bank Mandiri awalnya ialah satu gedung NHM miliki Belanda yang dijadikan sebagai perusahaan dagang Belanda lalu berkembang sebagai perusahaan perbankan. Di tahun 1960, gedung itu diubah jadi kantor BKTN.

Lalu di tahun 1968, bangunan ini berganti lagi jadi kantor pusat Bank Exim sampai tahun 1999 dipakai menjadi kantor Bank Mandiri. Dan Museum of Bank Mandiri berada di Jl. Lapangan Stasiun No 1.

Museum Seni Rupa & Keramik

Wisata rekreasi Jakarta Barat berupa museum selanjutnya ialah Museum Seni Rupa & Keramik yang terletak di Jl. Pos Kota No 2. Museum yang bertengger di gedung tua bekas Belanda itu didirikan pertama kali tahun 1866 sampai 1870. Pada awalnya, gedung itu digunakan oleh pemerintahan Belanda menjadi kantor peradilan dan kehakiman. Lalu digunakan oleh pemerintahan Jepang menjadi barak militer serta gudang bekal tentara.

Di akhirnya gedung tersebut diresmikan Presiden Soeharto menjadi Gedung Balai Seni Rupa keramik tahun 1990 berubah nama jadi Museum Seni Rupa & Keramik.

@Tags: Museum Arsip Nasional, Museum of Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.