Press "Enter" to skip to content

Jalan-jalan ke Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Wilayah pariwisata Berastagi di Sumatera Utara terkenal menjadi daerah pada iklim sejuk dengan hawa khas gunung. Berastagi merupakan suatu kecamatan yang ada di Tanah Karo, tersohor dengan hasil buminya, semacam sayur juga buah. Di sekitar Berastagi, ada beberapa tempat menarik tuk rekreasi.

Nuansa alam yang fresh bisa Kamu temukan di Berastagi. Kalian bakal menemukan hamparan pohon-pohon, perkebunan, dan rumput hijau ada di bukit-bukit. Itulah sebabnya kenapa wilayah ini jadi destinasi favorit jalan-jalan keluarga, ramai disinggahi kalangan pecinta travel, baik yang berangkat dari Medan, wisatawan kota lain, sampai turis lewat pintu masuk Bandar udara Internasional Kualanamu Kota Medan.

Daerah pariwisata Berastagi dari sisi administratif berada di area Kabupaten Tanah Karo. Topografi wilayahnya menggambarkan daerah yang berada di deretan Gunung-gunung Bukit Barisan, dengan tinggi 1.300 mdpl dan terhapit oleh 2 gunung api aktif.

Saat masuk kedalam kawasan pariwisata Berastagi, Kalian bisa melihat para penjual sayur serta buah-buahan yang berjajar menjual dagangan di pinggir jalan. Diantara beberapa banyak hasil bumi di Berastagi, buah jeruk manis serta markisa ialah yang sangat terkenal. Berastagi pun dikenal secara aneka tanaman hias. Tiap tahun, umumnya digelar Pesta Bunga serta Buah dengan rutin.

Pemandian Air Hangat Lau Debuk-Debuk

Pemandian ini ada di Desa Doulu, terletak di kaki Gunung Sibayak. Air hangat Lau Debuk-Debuk berasal dari retakan turunan lava di sekitar sebelah selatan lereng Gunung Sibayak. Obyek wisata Berastagi ini memiliki jarak kira-kira 11 km dari kawasan kota Berastagi. Kalian bisa sampai di kolam dengan naik bus maupun kendaraan pribadi.

Setelah pendakian Gunung Sibayak, umumnya banyak pengunjung berhenti dan singgah di kolam air hangat ini tuk menyegarkan tubuh. Panjang mendaki gunung dari kolam itu umumnya ditempuh didalam waktu 3 jam dengan jalan kaki. Kalian hanya harus bayar karcis masuk kolam air hangat di Berastagi itu tidak melebihi Rp 8.000 per orang.

Jagung Bakar di Panatapan

Tempat istimewa Berastagi satu ini ada di Desa Douluh. Didalam bahasa Karo, Panatapan mempunyai arti lokasi melihat-lihat. Di sana, Kalian bisa menikmati pemandangan alam Berastagi yang cantik sambil menikmati makan jagung bakar, dengan didampingi kopi susu hangat maupun segelas teh manis. Kalian bisa melihat spesies kera yang ada di kawasan itu, warga lokal menjulukinya sebagai gibon .

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap ialah satu dari banyak lokasi pariwisata Berastagi yang menarik tuk dikunjungi. Berada di Desa Doulu, kira-kira 11 km dari tengah-tengah kota Berastagi. Di pintu perbatasan Kabupaten Tanah Karo-Deli Serdang, Kalian bisa melihat gerbang masuk ke air terjun.

Air Terjun Sikulikap tingginya 30 m, mengalirkan air yang berasal dari Tahura atau Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan. Pemandangan alam di lokasi air terjun Berastagi ini memang indah. Kalian bisa melihat hutan tropis lebat yang mengitarinya, dengan dinding tebing-tebing batu berdiri kokoh.

Taman Alam Lumbini

Inilah satu dari banyak obyek wisata Berastagi yang tersohor, adalah destinasi pariwisata yang ramai didatangi wisatawan. Di daerah Taman Alam Lumbini, ada satu pagoda indah yang pun merupakan pagoda paling besar di Indonesia. Kalian bisa melihat ornamen-ornamen cantik dengan balutan warna emas saat keliling pagoda itu. Disamping itu, memandangi keindahan taman yang menggetarkan hati di area pagoda Lumbini merupakan cara paling kerap dilaksanakan wisatawan.

Desa Lingga

Desa Lingga adalah satu desa kuno yang ada di Simpang Empat, memiliki jarak 16 km dari Berastagi. Di desa itu, Kalian bisa menjelajahi kebudayaan dan memperoleh wawasan sejarah disana. Di desa itu, ada bangunan tua yang berusia sampai ratusan tahun. Disamping itu, Kalian juga akan menemukan satu museum berisi situs Kerajaan Karo.

Pasar Buah Berastagi

Lengkapi travel wisata Berastagi Kalian dengan berwisata ke pasar buah yang terdapat di sana. Kalian bisa mendapatkan sayuran dan buah-buahan segar di pasar itu. Cara yang sangat populer dilaksanakan wisatawan ialah dengan beli satu dari beberapa buah tangan khas Berastagi, yaitu jeruk juga markisa.

Hotel di Kawasan Wisata Berastagi

Jangan khawatirkan mengenai hotel di Berastagi, karena ada tidak sedikit pilihan lokasi menginap yang bisa Kalian pilih. Disediakan hotel, resor, villa, sampai guest house secara fasilitas yang berbagai macam di Berastagi. Sebagian hotel Berastagi yang terkenal, antara lain ialah Mikie Holiday Resort dan Grand Mutiara Hotel.

Rute Perjalanan ke Kawasan Wisata Berastagi

Daerah wisata untuk jalan-jalan di Berastagi ada di Tanah Karo, kira-kira 72 km dari Medan. Jika Kalian mengawali perjalanan dari kota Medan, Kalian akan butuh waktu kira-kira 45 menit tuk bisa hingga di Berastagi. Kalian juga bisa pergi ke Berastagi via Sembahe, umumnya akan membutuhkan waktu 30 menit dari daerah Sembahe ke Berastagi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.