Press "Enter" to skip to content

Jalan-jalan ke Wisata Jepara

Obyek wisata di Jepara memberikan Kalian bermacam-macam keindahan alam serta pesona wisata bahari yang istimewa tuk dikunjungi. Area yang dikenal menjadi salah satu pusat penghasil pahatan kayu di Indonesia itu juga adalah tempat lahirnya seorang pahlawan Indonesia yang tersohor dengan gagasan emansipasi perempuan Indonesia, ialah R.A. Kartini.

Berikut ini tak lain dan tak bukan ialah merupakan sekian banyak landmark dan obyek wisata di Jepara sangat menarik dan patut Kalian kunjungi.

Taman Nasional Karimunjawa

Inilah rantaian kepulauan hingga 27 pulau-pulau yang berada di Laut Jawa, memiliki jarak 83 km ke arah barat laut Jepara, mempunyai luas area 107.224 ha, serta adalah satu cagar alam laut di protek dan sekarang disebut menjadi Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa merupakan suatu obyek wisata yang terkenal di Indonesia, juga salah satu obyek wisata Jepara yang begitu terkenal, inilah lokasi terbaik tuk merasakan pengalaman pariwisata kelautan di Jawa Tengah.

Taman Nasional Karimunjawa mempunyai jenis ekosistem hutan hujan wilayah rendah, algae, padang lamun, hutan pantai, dan terumbu-terumbu karang. Daya tarik biota lautnya antara lain melebihi 90 karang keras, 241 spesies ikan hias, sampai 134 genera akuatik. Sebagian biota laut yang ada di Karimunjawa tersebut merupakan biota yang di protek. Sejumlah destinasi pariwisata di Indonesia yang mengesankan sebagaimana Karimunjawa ini bisa Kalian temukan juga di Bunaken serta Raja Ampat.

Obyek wisata Jepara itu menyajikan Kalian berbagai water sport yang seru, Berenang, snorkeling, mancing, renang, berjemur, maupun menjelajahi laut yang bersih. Disamping itu, beraneka keunikan budaya serta tradisi warga lokal disana merupakan obyek interaksi yang unik selama kedatangan wisata Kalian di obyek wisata Jepara ini.

Museum RA Kartini Jepara

Berada di bagian utara alun-alun Jepara, Kalian akan sangat mudah menjumpai satu dari banyak obyek wisata di Jepara. Museum R.A. Kartini merupakan obyek wisata sejarah di Jepara, jadi tempat menyimpan beraneka koleksi warisan RA Kartini, pun benda-benda warisan dan foto- foto dari kakaknya Drs. RMP. Sosrokartono, juga beragam benda-benda sejarah periode abad 7 di zaman Ratu Shima. Ratu Shima ialah penguasa dari kerajaan Kalingga di Keling, Jepara saat masa itu.

Obyek wisata Jepara satu ini yakni juga aset pariwisata Jawa Tengah, dan terbuka tuk umum setiap hari, dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Tuk bisa masuk, Kalian musti bayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang.

Pantai Kartini

Inilah obyek wisata Jepara yang sangat menarik tuk destinasi rekreasi keluarga. Beraneka wahana anak-anak, dermaga, serta akuarium kura-kura bisa ditemukan di pantai ini. Lokasi pantai tersebut cukup strategis, berada diantara rute wisata Taman laut Nasional Karimunjawa serta Pulau Panjang.

Untuk bisa masuk, Kalian musti bayar tiket masuk ke Pantai Kartini seharga Rp 5.000 per orang, tidak termasuk karcis kendaraan.

Pantai Bandengan

Berada di utara kota Jepara kira-kira 7 km dari tengah-tengah kota, pantai Bandengan merupakan suatu pantai di Jepara secara air yang sangat bersih, mempunyai hamparan pasir putih indah. Di wilayah pantai ini juga Kalian bisa memandangi pemandangan sunset yang menakjubkan.

Ada tidak sedikit kegiatan istimewa yang dilaksanakan di Pantai itu, antara lain kemping, volley pantai, sampai sepeda santai. Obyek wisata Jepara satu ini pun kerap difungsikan sebagai lokasi ajang wahana motor cross dan festival layang-layang tingkat regional hingga internasional.

Pulau Panjang

Pulau Panjang dilingkupi laut dangkal secara dasar terumbu karang dan pantai pasir putih. Air laut di sisi selatan juga barat pulau itu lumayan jernih dan tak berarus, hingga dijadikan sebagai tempat yang pas renang, diving, dan main kano. Pulau dengan luas 20 ha ini bisa ditempuh dari pelabuhan Pantai Kartini.

Bagian tengah-tengah pulau ini merupakan struktur hutan tropis pada pepohonan besar dan banyak menjulang. Untuk bisa sampai ke obyek wisata Jepara ini, Kalian perlu bayar tiket perahu pariwisata yang bakal mengantarkan Kalian ke pulau seharga Rp 15.000 dari pelabuhan Pantai Kartini. Serta tiket masuk Pulau Panjang ialah seharga Rp 5.000 per orang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.