Press "Enter" to skip to content

Oleh-oleh Khas Jakarta

Apa aja sih oleh-oleh khas Jakarta? Pastinya terdengar sederhana, tapi harus kalian ketahui bila tengah berpelesiran di sana. Kota Jakarta merupakan daerah sangat maju di Indonesia. Menjadi ibukota negara, Jakarta merupakan sentral perekonomian Indonesia. Seluruh bisnis maju, entah itu di sektor industri, pariwisata, atau perbankan. Dari aspek pariwisata, Jakarta mempunyai beberapa obyek wisata terkemuka, baik wisata bahari, wisata kebudayaan, wisata belanja, sampai wisata kuliner.

Kerak Telor

Jakarta tak jauh dari Kerak Telor. Kuliner khas Betawi tersebut telah jadi trade mark kota Jakarta. Tak ada penjual di daerah beda yang menjajakan Kerak Telor. Jika mau mencicipinya, jelas kalian musti datang ke Jakarta lebih dulu. Kerak Telor merupakan makanan tradisional khas Betawi yang sangat digemari, khususnya untuk warga Jakarta. Tidak hanya rasanya khas, tahap-tahap pembuatannya yang menarik kerap jadi sorotan tersendiri.

Kabar buruknya, sekarang Kerak Telor berangsur-angsur jadi kuliner yang sedikit langka sebab jarang yang menyediakan makanan khas itu di hari pada umumnya. Jika kalian mau membeli kuliner khas Betawi itu tuk oleh-oleh keluarga dan saudara di rumah, kalian bisa datang ke Jakarta bersamaan dengan digelarnya acara Pekan Raya Jakarta atau biasa disebut PRJ. Umumnya, ada sejumlah stand yang menjajakan Kerak Telor. Atau, bila beruntung kalian bisa menemukan pedagang Kerak Telor di tempat wisata Situ Babakan Jagakarsa dan Kota Tua Jakarta.

Roti Buaya

Makanan khas Betawi ini disebut roti buaya sebab ukurannya yang benar-benar jumbo. Sebagaimana halnya Kue Geplak, umumnya roti buaya muncul di acara pernikahan yang menggunakan adat istiadat Betawi yang mana mempelai laki-laki menyiapkan Roti Buaya menjadi salah satu pangsa dari seserahan.

Menurut kebudayaan Betawi, Roti buaya merupakan lambang kesetiaan. Warga Betawi percaya jika buaya cuma kawin sekali dalam seumur hidup. Ini jadi simbol sang mempelai lelaki musti memiliki sosok dan sifat penyayang juga setia dalam seumur hidup.

Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang tergolong salah satu kuliner khas Betawi walau kenyataannya makanan itu juga sering ditemukan di sebagian daerah di Indonesia. Di area Sumatera, kue itu populer dengan julukan Kembang Loyang, sedangkan di Jawa Timur ngetop dengan julukan Mentari. Di Bali, Kembang Goyang jadi salah satu sesaji didalam ritual keagamaan.

Kue Kembang Goyang dari khas Betawi itu mempunyai bentuk khas mirip bunga matahari. Kue itu terbuat dari olahan tepung beras beserta gula pasir, vanilli, dan telur dengan aroma wangi khas sebab ditambah dengan perasan air jahe.

Dodol Betawi

Oleh-oleh khas Jakarta ini merupakan jajanan wajib dibeli sepulangnya dari Jakarta. Dodol Betawi sebetulnya termasuk kedalam varian dodol seperti pada umumnya, cuma Dodol Betawi dibuat dari perpaduan ketan hitam, durian, dan ketan putih.

Bahan-bahan serta proses produksi amat rumit, jadi normal bila Dodol Betawi itu lumayan sulit dijumpai di toko kue. Jelasnya, makanan ini gampang dijumpai di acara pernikahan, syukuran, ketika bulan Ramadhan, ataupun perayaan hari lebaran.

Bir Pletok

Sajian pendukung kuliner Dodol Betawi ialah Bir Pletok. Walaupun memakai kata bir, minuman itu 100% terbebas alkohol. Bahan baku dari Bir Pletok ialah bahan-bahan tradisional, semacam sari jahe, gula, dan kayu manis dan jenis akar-akaran lainnya.

Saat pertama-tama minum Bir Pletok, rasa di lidah ialah pedas yang agak menyengat. Ini dikarenakan kandungan perasan air jahe asli yang terdapat di dalamnya. Kemudian, tubuh bakal terasa hangat sebab pengaruh campuran bahan-bahan didalam Bir Pletok itu.

KSM Oleh-Oleh Betawi

Ini pun bagian pusat oleh-oleh khas Betawi yang khas memberikan kuliner dan hasil dari kerajinan asli Jakarta. Ada pula oleh-oleh merupakan makanan yang disediakan disini, antara lain Bir Pletok, Kembang Goyang, Dodol Betawi, Biji Ketapang, Kue Geplak, dan lain-lain. Jika bosan dengan makan dan minum, kalian bisa beli souvenir di tempat ini. Ada kaos Jakarta, miniature ondel-ondel, dan aneka souvenir bertema Jakarta yang lain.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.