Press "Enter" to skip to content

Wisata Populer di Surabaya, Jawa Timur

Satu dari banyak pesona obyek wisata di Surabaya bisa Kalian dapatkan banyak wawasan sejarah. Kota Surabaya mempunyai julukan sebagai kota Pahlawan, suatu sebutan sebab saat revolusi masa kemerdekaan Indonesia sudah terjadi peperangan hebat diantara rakyat Surabaya dengan para tentara penjajah.

Sebutan Surabaya itu pribadi pada awalnya berawal di masa Majapahit, yaitu satu sebutan tuk kawasan geografis dimana didalam mitos warga lokal sudah berlangsung pertarungan hebat diantara Sura dengan Baya tuk mendapat pengakuan sebagai hewan terkuat, seperti yang sudah diramalkan Jayabaya.

Pesona obyek wisata Surabaya pun dapat dijumpai dalam beraneka jajanan kulinernya. Kalian dapat mendapatkan makanan yang menggugah selera di kota itu. Sebagian di antara kuliner Surabaya itu, misalnya nasi bebek, rujak ulek, rawon, dan yang lainnya.

Tugu Pahlawan

Inilah monumen tuk mengingat nyali arek-arek Suroboyo menghadapi tentara Sekutu. Monumen dengan tinggi 41.15 m yang berformat lingga maupun paku terbalik itu punya badan tiang bentuknya lengkungan hingga 10 lengkungan juga terbagi dari 11 ruas.

Tinggi, ruas, serta canalures menyimpan makna tgl 10 bulan 11 era 1945. Itulah tanggal terciptanya peristiwa heroik di zaman perjuangan revolusi kemerdekaan Indonesia. Di obyek wisata Surabaya ini, Kalian akan melihat Museum 10 November, satu tempat yang bisa mengungkap banyak sekali cerita mengenai makna Tugu Pahlawan dan bukti-bukti sejarah di 10 November 1945 lalu.

Patung Buddha Empat Wajah

Inilah patung paling tinggi di Indonesia yang sudah dicatat oleh MURI. Kalian mampu melihat Patung Buddha Empat Wajah itu di salah satu sisi Pantai Ria Kenjeran, suatu pantai di Surabaya yang ngetop akan produk ikannya dan tempat kongkow para remaja Surabaya. Konstruksi Patung Buddha Empat Wajah dilingkupi oleh 4 tonggak, yakni pilar hijau dan emas. Terhimpun dari 3 sisi, yaitu stupa, patung Buddha, serta singgasana Buddha. Patung Buddha serta takhta itu sendiri mempunyai tinggi 9 m.

Jembatan Merah

Jembatan Merah merupakan saksi histori peperangan heroik di 10 November 1945 Surabaya. Sejarah mencatat, fenomena meninggalnya Brigjend Mallaby terhadap bentrokan yang terlaksana antar para pejuang Indonesia pada pasukan Belanda didekat Jembatan Merah 30 Oktober tahun 1945 ialah alasan pertama panglima sekutu Jawa Timur melaunching ultimatum 9 November tahun 1945 pada para pejuang Indonesia supaya menaruh senjata.

Penolakan ultimatum para pejuang Indonesia menjadikan pasukan sekutu (Inggris) menyerbu kota Surabaya saat esok harinya. Area ini dulu merupakan kawasan hunian dan perdagangan tuk orang Eropa.

House Of Sampoerna

House Of Sampoerna berada di wilayah Surabaya lama . Satu dari banyak obyek wisata Surabaya ini ialah suatu komplek bangunan bergaya penjajahan Belanda yang didirikan tahun 1862 dan dijadikan sebagai situs bersejarah yang dibudidayakan.

Di masa mulanya, bangunan itu digunakan menjadi panti asuhan putra dimanage oleh pemerintahan Belanda, di tahun 1932 komplek ini dibeli Liem Seeng Tee, pemrakarsa Sampoerna, tuk diproyeksikan pabrik rokok Sampoerna.

Pasar Turi Surabaya

Pasar Turi merupakan pasar grosir Surabaya. Kalian bisa menemukan tidak sedikit barang di pasar itu. Inilah obyek wisata belanja Surabaya sangat memukau, harga murah dan tersedianya barang yang komplit adalah daya pikat utamanya. Pasar Turi itu dibagi atas 2 segmen, yakni pasar Turi lama juga pasar Turi baru. Tiap-tiap bangunan ada 3 lantai.

Under ground pasar Turi merupakan lantai yang special menjual kuliner khas Surabaya semacam rujak serta sejumlah kue-kue bebuyutan Jawa Timur. Sedangkan tingkat 2 dan 3 menyediakan berbagai garmen, elektronik, alat-alat rumah tangga, dan sebagainya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.