Press "Enter" to skip to content

Wisata Rekreasi Kota Batu Malang

Kawasan Wisata Kota Batu Malang ngetop menjadi satu dari banyak obyek wisata Jawa Timur dan diminati banyak golongan pecinta travel. Ada tidak sedikit aktivitas dan obyek wisata istimewa di Batu Malang. Kalian bisa menemui sajian wisata alam yang unik disana sampai aneka pariwisata sejarah, wisata agrowisata, kuliner, dan yang lainnya.

Tahukah Kalian, Batu dan Malang merupakan laksana 2 sisi mata uang didalam pemandangan pariwisata Jawa Timur. Pengunjung yang pergi ke Batu atau Malang pasti akan mampir di kedua area itu. Malang mempunyai 2 kawasan administratif, yakni Kotamadya Malang serta Kabupaten Malang. Sedangkan kota Batu yaitu satu kotamadya yang memiliki jarak 16 km dari pusat kota Malang. Sekarang ini, Batu di beri nama secara resmi menggunakan nama Kota Wisata Batu.

Nama Batu tersebut berdasarkan kisah setempat berasal dari satu ulama pengikut sang Pangeran Diponegoro yang dikenal dengan Abu Ghonaim alias Kyai Gubug Angin, yang berikutnya masyarakat disana akrab menjulukinya Mbah Wastu. Tuk mempersingkat nama ulama ini, warga kerap panggil beliau Mbah Tu, yang akhirnya jadi sebutan Mbatu.

Kawasan wisata Batu Malang itu ada di ketinggian 680 sampai 1200 mdpl, mempunyai suhu rata-rata dari 15 sampai 19 derajat celcius. Pun, letaknya yang gampang diakses dari beraneka rute perjalanan Jawa Timur. Itulah sebab kenapa kawasan ini diminati banyak kalangan pecinta travel menjadi salah satu lokasi berakhir minggu di Jawa Timur.

Air Terjun Coban Talun

Sebagai kawasan yang sejuk dan ada di ketinggian, daerah Batu Malang pun dianugerahi curug yang cantik, yaitu air terjun Coban Rais juga Coban Talun.

Air terjun Coban Rais itu berada di lereng dari Gunung Panderman, yang memiliki ketinggian sampai 20 m. Perjalanan ke rekreasi air terjun ini menyajikan Kalian suasana khas gunung yang erat berbalut hawa sejuk. Sedangkan air terjun Coban Talun ada di Dusun Junggo, Batu.

Selecta di Batu Malang

Jika Kalian mau kolam renang, Kalian bisa datang ke Selecta. Selecta ini merupakan satu tempat peristirahatan yang didirikan semenjak masa Belanda. Tidak hanya kolam renang, di obyek ini pula terdapat taman bunga, pasar, taman bermain-main, sampai lokasi piknik. Jika Kalian mau mencoba pemandian air hangat di Batu, datanglah ke Cangar yang berada di wisata rekreasi Taman Hutan Raya R. Soeryo. Obyek wisata rekreasi Batu Malang satu ini sering dipenuhi dengan kedatangan wisatawan.

Agrowisata

Wisata Batu Malang penuh akan bermacam-macam jenis wisata kebun dan pertanian. Kalian bisa pergi berkunjung ke agrowisata yang terdapat di sana, sebagaimana Kusuma Agrowisata Batu tuk memetik serta mencicipi segera buah apel dan strawberry serta jeruk.

Di Batu Malang, Kalian bisa mencicipi hasil adonan peternakan yang terkenal, yaitu susu sapi Ganesha. Kalian bisa memperolehnya dengan datang ke depot susu sapi itu yang berada di depan alun-alun Batu. Ini merupakan satu diantara kuliner Malang yang harus Kalian coba. Disamping itu, Kalian bisa menjumpai berbagai jajanan kuliner lain di Batu yang istimewa.

Songgoriti

Kota Batu pula mempunyai sejumlah warisan sejarah yang tersohor, baik dari zaman kerajaan sampai Belanda. Satu-satunya yang tersohor adalah obyek wisata Songgoriti, dikenal dengan situs candi di zaman Kerajaan Singosari saat abad ke 10. Obyek wisata rekreasi ini berada di lembah Gunung Banyak, menyajikan Kalian suasana alam yang sangat sejuk. Di Songgoriti, Kalian juga bisa menemukan pemandian air hangat, sampai gerai yang menjual bermacam-macam jenis cinderamata khas Batu Malang.

Kota wisata Batu pun masih mempunyai beberapa lokasi menarik, antara lain alun-alun kota Batu, BNS, dan bermacam-macam kawasan kuliner khas Batu. Bila Kalian tertarik menjelajah desa wisata rekreasi di Batu Malang, Kalian bisa berkunjung ke desa wisata Kunkuk dan desa wisata Panderman.

Rute Perjalanan Wisata Batu Malang

Kota Batu berada kira-kira 14 km dari pusat kota Malang. Kalian bisa menempuh jalan ke sana menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Cara tergampang untuk bisa sampai ke kota Batu ialah memulai perjalanan dari pusat kota Malang. Jika Kalian dari Surabaya, maka jalan ke Batu Malang pasti menempuh sejauh 102 km dan butuh waktu 2 jam. Jika Kalian dari Kediri, maka jalan bisa ditempuh via kota Pare tuk ke Batu.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.